Setahun Susur Pasar, Refleksi untuk Pameran yang Lebih Besar

Poster Susur Pasar
Setahun sudah pameran foto Susur Pasar (SP) berlalu. Pameran pertama bagi gua dan 11 teman gua (kecuali Aduy karena dia udah pernah pameran) di angkatan 16. Sebuah pameran yang disiapkan hanya dalam waktu 14 hari alias 2 minggu. Mengangkat tema pasar tradisional dan kehidupan di dalam juga sekitarnya, SP dipamerkan mulai tanggal 13-17 Maret 2012.

Balik sebentar untuk mengingat bagaimana pameran ini bisa tercipta hanya dalam 2 minggu.

Sebenarnya, 2 bulan sebelumnya kami telah menyiapkan tema untuk pameran foto kami, yaitu Kopi. Mulai Januari kami pun menyiapkan konsep dan pembagian lokasi hunting. Setelah hunting, menghabiskan banyak rol dan uang, akhirnya kami masuk ke tahap kurasi. Karena kami masih caang (calon anggota) maka kurator kami adalah para anggota K32.

Setelah beberapa kali kurasi dan memperbaiki yang kurang, akhirnya pada 29 Februari 2012 semua karya kami dikumpulkan dan dinilai oleh beberapa anggota. Kurang, foto sama semua, pesan kurang sampai, dll adalah penilaian mereka terhadap foto kami. Sampai akhirnya mereka meminta kami untuk mengganti tema.

Sial!

Yap, umpatan itulah yang ada dalam hati gua saat mendengar kabar tersebut. Tapi mau gimana lagi, kami sudah menentukan tanggalnya dan acara harus terlaksana.

Malam itu juga kami langsung mengumpulkan kembali tema-tema yang sempat tereliminasi. Sampai akhirnya disepakati tema Pasar-lah yang akan diangkat untuk pameran ini. Mmm... 2 minggu, cuma keyakinan dan kerja keras yang bisa bikin acara ini terlaksana.

Pada 2 minggu itu rutinitas kami adalah pagi sampai sore motret dan malam kurasi. Karena sebagian besar pasar tradisional beraktifitas paga waktu tersebut. Kecuali Pasar Ikan yang baru pada malam harilah mereka berjual beli.

Bolos kuliah pada minggu pertama, lelah seharian motret, badan bau amis, diomelin preman, kurang tidur, sampai mendapat oleh-oleh dari pedagang yang kami potret adalah kesan dan cerita kami selama kami hunting. Dan semua itu terbayar lunas saat pameran ini dibuka dan karya kami dilihat oleh para pengunjung. Ucapan selamat, pujian dan kritikan pun datang ke kami dan kami terima dengan hati terbuka.

Kini kami telah menjadi anggota K32. Kami juga sedang menyiapkan sebuah pameran. Tentu pameran yang lebih besar dari SP. Jika dulu SP di pamerkan di Kampus Tercinta, maka pameran yang sedang kami buat ini akan dilaksanakan di luar kampus. Untuk pameran anggota ini kami tak sendirian, karena pameran ini dilaksanakan oleh angkatan 15 dan 16.

Kalo SP yang disiapin dalam waktu 2 minggu saja bisa terlaksana, seharusnya pameran anggota yang disiapkan mulai dari pertengahan tahun 2012 itu juga bisa terlaksana dan harus lebih baik dari SP. Sama seperti SP kunci pameran ini adalah "keyakinan, kerja keras + kekompakan".

F16ht!

Tinggalkan Komentar

Dilarang mempromosikan situs judi, situs porno dan tindak pidana lainnya. Komentarlah dengan etika tanpa melanggar UU ITE.

Previous Post Next Post