Kisah di Balik Hari Valentine, tahukah Anda?...

google.co.id
Sebentar lagi kita akan memasuki minggu kedua di bulan Februari dan tepat di tanggal 14 Februari kita akan menemukan hari yang identik dengan warna pink. Yap, Valentine Day atau Hari Valentine hari yangg kita kenal dengan hari kasih sayang tersebut sebentar lagi akan datang. meskipun menurut gue kasih sayang itu ga harus di satu hari doank melainkan di setiap hari di manakita ada kesempatan.


Seiring berjalannya waktu semakin banyak orang Indonesia yang merayakannya semakin membuat gue penasaran akan kisah dibalik hari valentine tersebut. Berikut hasil temuan gue mengenai hari valentian atau valentine day a.k.a hari kasih sayang.


Awalnya Hari Valentine di Roma Kuno dimulai untuk menghormati Juno (di Yunani dikenal dengan Hera), Dewi Utama dari segala dewa dewi Romawi, istri Jupiter (Zeus). Hari ini diperingati setiap tanggal 14 Februari. Dan tanggal berikutnya (15 Februari) dijadikan perayaan bagi dewa kesuburan dan pertanian Lupercus, karenanya perayaannya dinamakan Lupercalia. Pada perayaan ini pasangan-pasangan muda berkumpul, dan para gadis menulis nama mereka untuk diundi oleh para pemuda. Pemuda dan pemudi yang akhirnya terpilih untuk saling berpasangan harus terus berteman sampai tahun berikutnya, kebanyakan mereka akhirnya jatuh cinta dan kemudian menikah. Setelah masa berganti pesta tahunan ini terus diadopsi sebagai momen untuk merayakan kasih sayang.

goole.co.id
Tapi versi yang paling umum dan diyakini adalah versi sesungguhnya mungkin adalah cerita ini:
St.Valentine adalah seorang pendeta yang dieksekusi tanggal 14 Februari tahun 269 Sebelum Masehi. Waktu itu Kaisar Claudius II (julukannya Claudius The Cruel) di Roma memerintahkan agar St. Valentine dilempari batu lalu dihukum penggal. Kejam banget. Kalau menurut versi ini sih, katanya St. Valentine dihukum karena beliau memeluk agama Kristen dengan taat, dan menerapkan hukum k
asih dengan membantu pernikahan pasangan-pasangan muda. Saat itu pernikahan dilarang oleh Kaisar karena terlalu sedikit orang yang mau jadi tentara (tentara yang memiliki keluarga biasanya tidak mau meningalkan keluarganya untuk ikut berperang). Nah, waktu di penjara bawah tanah, menjelang hari eksekusinya, St. Valentine jatuh cinta kepada putri salah satu sipir penjara, yang saat itu ia sembuhkan dari kebutaan. Sebelum St. Valentine meninggal ia meninggalkan pesan kecil dengan secarik tulisan: From Your Valentine.

Sejak saat itu sebaris kata ini menjadi kalimat khas masa Valentine, dan cerita ini menjadi cerita umum yang mengiringi legenda Hari Valentine.

St. Valentine dihormati dan dikenang sebagai orang yang memperjuangkan cinta dan kasih saying. Hari Valentine terus menjadi sebuah hari yang spesial, menjadi sebuah kesempatan yang tepat untuk mengatakan kepada seseorang “I’m glad u r my friend” atau “Aku sayang kamu”.

Tinggalkan Komentar

Dilarang mempromosikan situs judi, situs porno dan tindak pidana lainnya. Komentarlah dengan etika tanpa melanggar UU ITE.

Previous Post Next Post