­

Si Biru 10 Tahun

Si Biru saat di bengkel.

Motor X-Ride yang gua beli pakai duit sendiri sekarang umurnya udah 10 tahun. Dia awalnya sering gua sebut dengan nama Si Ride (baca: si red) tapi karena beberapa tahun lalu gua punya C70 berwarna merah, gua jadi sering sebut dia dengan nama Si Biru sesuai dengan warnanya.

Satu dekade Si Biru diwarnai dengan banyak peristiwa tak terduga. Lupakan soal administrasi seperti bayar pajak dan ganti pelat nomor yang sekarang resmi memakai warna putih, karena yang tidak terduga lebih dari itu.

Pertama ban belakang gua 'ancur'. Ini terjadi karena gua memaksakan motor gua jalan saat bannya kempes total. Tadinya gua mau ke bengkel dekat rumah buat isi angin, tapi ternyata bannya kempes terlalu parah jadi saat dibawa jalan ban tubbless itu ga merekat ke velg. Jadilah velg muter tanpa diikutin si ban. Ini membuat ban jadi rusak dan harus ganti, mau tidak mau.

Ekspektasi keluar uang Rp 2.000, realitasnya harus habis Rp 270 ribu.

Oh ya, kondisi ban yang rusak itu membuat gua ga bisa bawa motornya ke bengkel. Jadi gua harus buka sendiri bannya. Ini untuk pertama kalinya gua lepasin ban dari motor gua itu. Bukan lepas karet dari velg ya, tapi sama velg-velgnya. Jadi di tukang ban tinggal ganti bannya aja.

Ban Si Biru yang dipaksakan jalan.

Peristiwa lainnya motor gua harus setel klep. Kondisi ini sempat bikin gua panik.

Jadi ceritanya gua mau berangkat ke kantor. Karena weekend gua sempat ngebut buat sampai pom bensin terdekat soalnya bensin di tangki gua udah lewat dari garis merah. Pom yang gua incar itu di Rawamangun, jaraknya ga jauh dari rumah gua. Jadi gua yakin bensin yang ada di tangki masih cukup buat bawa gua sampai sana apalagi kalau ditambah ngebut pasti lebih dari cukup. Tapi belum sampai pom bensin motor gua mogok.

Kondisinya menegangkan karena sebelum mogok motor itu dipakai ngebut sampai saat lagi tinggi tiba-ttiba motor enggak bisa digas dengan didahului suara keras kaya ledakan, tapi sejujurnya gua ragu itu dari motor gua atau bukan.

Jadilah gua menepi sebentar. Dalam hati gua was-was kalau motor ini jebol mesinnya. Tapi gua masih berpikir positif kalau motor itu cuma habis bensin. Gua lalu cek bensinnya, saat lihat isinya gua yakin ini bukan karena bensin karena masih ada sisa di tangki.

Tapi gua masih berpikir positif. Jadilah gua dorong motor itu sampai pom. Untungnya belom jauh dorong ada orang baik yang mau bantu 'stut' karena mesti lewatin satu flyover.

Ternyata betul dugaan gua, masalahnya bukan di bensin, tapi mesin. Karena setelah isi bensin pun motornya enggak nyala. Gua makin panik.

Untungnya bengkel motor ada di seberang pom bensin, jadilah Si Biru langsung gua seberangin. Setelah dicek kata mekaniknya, motor gua dinyatakan: klepnya kendor.

"Ini pasti karena gua ngebut," kata gua dalam hati.

Tapi kata si mekanik waktu gua tanya penyebabnya, dia bilang kalau itu wajar karena motor udah lama. Jadi mesti ada yang harus disetel. Apalagi motor gua sejauh ingatan gua emang belum pernah setel klep.

Biaya setel klepnya murah cuma Rp 50 ribu. Si mekanik juga nyaranin untuk ganti pala busi seharga Rp 35 ribu karena pala businya udah berkarat. Jadilah pagi weekend itu gua keluar Rp 85 ribu.

Kondisi mesin Si Biru yang dibuka untuk setel klep. Ini kali pertama gua lihat dalemnya.

Sejak kejadian itu sampai sekarang gua belum berani bawa Si Biru sekencang yang kemarin. Minimal gua mesti bawa ke bengkel resmi atau langganan dulu untuk atur ulang klepnya biar lebih sesuai sama standar. Karena di bengkel pinggir jalan yang pertama itu setel klepnya by filling, siapa tau kalau di bengkel resmi ada alat ukurnya biar jarak klepnya sesuai.

Hal lainnya setelah 10 tahun gua baru tahu cara ngatur arah lampu depan Si Biru. Selama ini lampu utama dia ketinggian, jadi lampunya enggak nyorot ke jalan. Beberapa waktu lalu udah gua atur agar lebih nunduk jadi nyorot ke jalan. Biarpun cahayanya masih enggak terang.

Oh ya, gua juga akhirnya ganti ban depan. Eits, ini bukan baru 10 tahun gua ga ganti ya. Kayanya baru 2 atau 3 tahun deh umur ban yang lama. Gua emang enggak pernah punya masalah sama ban depan. Masalah gua selalu sama ban belakang, entah itu bocor kena paku atau bocor alus. Pokoknya durasi ganti ban belakang lebih sering deh daripada ban depan.

Ban depan itu gua ganti karena emang udah harus diganti. Karetnya udah mulai bergelombang karena ada bagian yang aus. Selain itu juga udah ada yang terlihat jahitan bannya yang menandakan ban udah botak parah. Ditambah lagi beberapa kali dipompa bannya cepet kempes. Jadilah gua putuskan ganti daripada jadi masalah lagi seperti ban belakang.

Kali ini ban depan gua pakai merek Kingland ukuran 70/90-14 ini sesuai dengan ukuran standarnya X-Ride 115. Harga bannya Rp 200 ribu, udah termasuk pasang.

Jenis ban depan itu beda sama yang belakang. Ban belakang Si Biru pakai FDR 90/90-14. Lebih kecil dari ukuran standarnya yang 100/90. Tapi enggak apalah yang penting masih lebih besar dibanding ban depan. Alasan pakai ban lebih kecil tentu saja karena harganya yang lebih murah.

Gantungan baru Si Biru.

Di 10 tahun ini juga X-Ride gua akhirnya dipasang aksesoris. Yap, gua pasang gantungan besi di dashboardnya. Ini sebenarnya keinginan lama yang baru terealisasi. Hahaha...

Seumur-umur Si Biru ini enggak pernah tambah aksesoris. Terakhir itu ganti spion. Itu enggak bisa disebut aksesoris sih karena fungsi utama. Spion penggantinya juga biasa aja, sama seperti yang standar hanya ukurannya lebih kecil. Soalnya bawaan pabriknya yang besar suka mentok saat nyalip atau jalan di gang rumah gua.

Selama 10 tahun berjalan ini, sebenarnya udah banyak banget rencana gua untuk pasangin Si Biru aksesoris. Mulai dari visor, dashboard dan ganti lampu sein yang bukan bawaannya. Tapi entah kenapa kayanya berat banget buat belinya. Hahaha...

Si Biru lebih banyak ganti-ganti part yang memang esensial. Paling sering selain oli dan kampas rem, ya reflektor lampu depan. Itu pun karena insiden kepanasan akibat pakai hologen jadi harus ganti reflektornya dan balik ke lampu bohlam biasa. Tapi sekarang sistem kelistrikan lampunya udah diakalin jadi DC dan pakai bohlam LED. Jadi aman buat reflektornya.

Gua juga udah ganti holder lampunya pakai punya Vixion. Ini bikin Si Biru lampunya bisa dimatiin saat jalan, jadi kaya motor lama. Semoga pergantian ini bakal awet.

Seiring usia yang bertambah, jarak tempuh Si Biru juga makin banyak, biarpun tujuannya itu-itu lagi (baca: kantor). Setidaknya itu udah buat odometer Si Biru menunjukkan angka 9 seluruhnya. Odometernya sudah melewati satu putaran dan sekarang mulai lagi dari angka kecil. Serasa setelah 10 tahun gua dan Si Biru seperti memulai dari awal.

Odometer Si Biru yang kembali dari nol.

10 tahun memang bukan waktu yang sebentar, tapi belum cukup lama juga kayanya. Kalau kata teman gua sih ini udah waktunya buat ganti tuh motor karena di usia seperti itu komponen motor udah banyak yang harus diganti, jadi mending ganti baru. Itu enggak salah sih.

Kalau diingat-ingat memang udah banyak part yang usia panjang mengalami kerusakan. Misal pompa bensin, terus pengatur gasnya (gua lupa namanya) yang dekat injeksi juga udah mesti diganti. Sejauh ini komponen-komponen itu masih bisa diakalin untuk tetap berfungsi. Tapi pasti bakal ada waktunya untuk mengganti itu semua.

Sayangnya anggaran gua belum ada buat pengadaan motor baru. Lagi pula Si Biru terlihat masih sanggup buat jalan lebih jauh lagi, untuk bareng-bareng sama gua lebih lama lagi. Jadi ya kita nikmati saja dulu petualangan dengan Si Biru.

Kita pakai anggaran yang ada untuk menambah aksesoris aja dulu buat Si Biru jadi terlihat baru dan bisa jalan lebih jauh.

Mungkin ini waktunya untuk pasang dashboard dan boks belakang. Semoga jadi ya...


Tinggalkan Komentar

Dilarang mempromosikan situs judi, situs porno dan tindak pidana lainnya. Komentarlah dengan etika tanpa melanggar UU ITE.

Previous Post Next Post