Mengenal Sindrom Gilbert, Penyakit yang Membuat Jonas Folger Absen dari MotoGP

MotoGP - Paulpolos.blogspot.com

Pembalap Monster Yamaha Tech3, Jonas Folger telah melewatkan 3 seri semenjak dinyatakan sakit. Ia absen mulai dari Motegi, Jepang; Philiph Island, Australia; Sepang, Malaysia. Teranyar ia juga dipastikan tidak ikut serta dalam seri pamungkas di Valencia. Total ia telah menghabiskan 6 minggu untuk istirahat dan penyembuhan diri.

Tim Monster Yamaha Tech3 mengkonfirmasi bahwa Folger terserang Sindrom Gilbert. Penyakit itu membuat tubuhnya melemah sejak seri MotoGP Jepang. Ia sebenarnya telah mengidap sindrom tersebut sejak 2011, tapi saat itu ia selalu bisa mengatasinya. Meskipun ia tidak tahu sakit yang ia derita. Karena baru kali ini ia benar-benar melakukan pemeriksaan terhadap penyakitnya.

“Ini melegakan karena kita sekarang tahu bagaimana situasinya dan bagaimana menghadapinya. Enam minggu terakhir ini sangat sulit untukku, tidak mengetahui apa yang terjadi, atau kenapa tubuhku melemah,” kata Folger seperti dikutip situs resmi MotoGp.

Jonas Folger - MotoGP.com
Jonas Folger. (Foto: Motogp.com)

Lantas apa itu Sindrom Gilbert, hingga membuat pemilik nomor 94 tersebut absen begitu lama?

Dikutip dari situs sehatfresh.com, Sindrom Gilbert adalah hal yang umum, kondisi hati yang tidak berbahaya, dimana hati tidak memproses bilirubin dengan benar. Bilirubin yang dihasilkan oleh kerusakan sel darah merah.

Penyakit ini merupakan penyakit turunan yang berasal dari gen yang tidak normal yang diwarisi dari orang tua. Gen yang normal akan mengontrol enzim yang membantu memecah bilirubin dalam hati. Dengan gen yang tidak efektif, jumlah kelebihan bilirubin terbentuk dalam tubuh.

Sulit mengetahui apakah seseorang mengidapnya atau tidak. Hal itu baru bisa diketahui saat kita melakukan pengecekan darah.

Indikasi penyakit ini adalah kulit dan mata memutih, kadang-kadang berwarna kekuningan (kuning). Hal itu disebabkan dari sedikit peningkatan kadar bilirubin dalam darah anda. Beberapa kondisi dan situasi dapat meningkatkan kadar bilirubin, dan menimbulkan penyakit kuning.

Jika anda mengidap Sindrom Gilbert anda tidak perlu khawatir. Karena kondisi ini tidak membutuhkan pengobatan. Anda hanya perlu menghindari stres agar bilirubin berada di bawah kontrol. Hindari juga diet sangat rendah kalori. Lebih baik konsumsi makanan yang sehat dan tepat waktu.
***

Dengan kondisi ini Folger harus mengakhiri musim lebih cepat. Ia juga belum bisa memastikan kapan akan kembali ke lintasan.

“Aku rindu timku dan semua temanku di paddock. Aku menerima banyak dukungan dari semua orang di sosial media, bukan hanya dari fans tapi juga dari pesaingku. Ini sangat berarti untukku. Aku juga ingin berterimakasih untuk semua orang di Monster Yamaha Tech3 dan seluruh sponsorku atas kepercayaannya dan sukungannya. Aku akan kembali dan menjadi lebih kuat, bertarung di papan atas MotoGP,” kata Folger.

Tinggalkan Komentar

Dilarang mempromosikan situs judi, situs porno dan tindak pidana lainnya. Komentarlah dengan etika tanpa melanggar UU ITE.

Previous Post Next Post