Merayakan #19tahunberkarya Kaphac 32

Stiker #19tahunberkarya
Stiker #19tahunberkarya Kaphac 32. (Foto: Fachrul Irwinsyah)

Sabtu lalu (21 November 2015) Kaphac 32 merayakan hari jadinya yang ke-19. Tepat 3 hari setelah usia Kaphac resmi bertambah. Ya, Kaphac memang lahir pada 18 November 19 tahun yang lalu. Hari itu diperingati oleh teman-taman pengurus dengan menggelar workshop fotografi komersial dengan pemateri salahsatu anggota Kaphac. Sedangkan pestanya, dilaksanakan pada Sabtu sore. Seperti biasa Sabtu sore dipilih dengan harapan mereka yang sudah bekerja bisa datang dan meramaikan acara.

Dibuka dengan lagu Selamat Ulang Tahun karya Jamrud yang dibawakan secara akustik oleh Caang (Calon Anggota/Angkatan) 19, pesta pun dimulai. Kue khas ulang tahun telah disiapkan lengkap dengan lilin yang menyala. Menanti yang hadir memintanya tuk meniup. Seiring dengan doa dan harap untuk segala yang baik.

Tahun ini terasa istimewa bagi gua, karena Kaphac 32 punya logo yang sah. Poster acara workshop dan pesta ulang tahun pun menjadi tempat publikasi pertama logo tersebut. Yap, akhirnya logo yang menjadi perdebatan pada Mubes Juni lalu, dikenalkan ke publik.

Logo baru hanya satu dari banyak pencapaian Kaphac selama 19 tahun ini. Banyak kisah yang terjadi dalam perjalanan menuju tahun yang ke-19. Beragam karya tercipta disetiap tahunnya: mulai dari pameran di kampus, pameran di galeri, di taman kota dan di pusat perbelanjaan, semua tempat itu pernah menjadi saksi karya anggota Kaphac 32. Tidak hanya pameran, berbagai materi workshop ataupun seminar fotografi pernah dibuat oleh Kaphac 32. Pun begitu dengan lomba foto, klub foto asal Kampus Tercinta ini pernah mengadakannya. Semua itu punya pencapaian masing-masing. Ada kisah yang selalu dan pasti berbeda di setiap acaranya.

Tagar #19tahunberkarya yang diciptakan pengurus untuk ulang tahun kali ini seakan merangkum semuanya. Merangkum kisah dari tahun 1996 hingga 2015. Dari pameran hitam-putih pelajar hingga perayaan ulang tahun yang ke-19. Sebuah perayaan untuk pengantar tahun depan.

Ulang tahun kali ini memang seperti pengantar bagi gua. Pengantar untuk 2 dekade (20 tahun) Kaphac 32. Gua pikir Kaphac perlu menggelar sebuah acara yang belum pernah dibuat untuk merayakan 2 dekade-nya. Sebuah kegiatan yang bisa menyatukan angkatan pendiri hingga yang termuda. Iya, kegiatan, acara, bukan sekadar tagar.

Tak ada pesta yang lebih meriah bagi klub foto selain mengadakan pameran foto. Menerima apresiasi dari banyak orang atas karya yang telah dibuat. Karya yang tidak hanya milik anggota yang muda, tapi juga untuk semua anggota.

Gua selalu memimpikan Kaphac bisa mengadakan sebuah pameran foto yang melibatkan angkatan pendiri hingga yang termuda. Bukan hanya untuk mereka yang bekerja di bidang fotografi, tapi juga bagi mereka yang hanya sekadar hobi --entah apa tema yang tepat untuk bisa merangkumnya. Tentu jumlah karyanya akan sangat banyak dan mungkin galeri di Jakarta gak cukup untuk menampungnya. Tapi, foto dalam galeri hanyalah sebuah etalase. Sebagian kecil karya yang akan membuat orang tertarik untuk membeli bukunya. Yap, selain pameran yang melibatkan semua angkatan. Kita juga menjual buku foto. Buku yang berisi seluruh foto dari hasil kurasi pameran tersebut. Bukan hanya yang terpajang dalam pameran. Rasa-rasanya hal ini belum pernah dilakukan oleh Kaphac. Masih ada satu tahun untuk menyiapkan hal tersebut. Dan sepertinya itu cukup jika mulai dikonsepkan dari sekarang.

Itu adalah doa gua sebelum lilin di atas kue bertuliskan "Happy 19th Anniversary Kaphac 32" itu ditiup. Gua bukanlah satu-satunya yang punya harapan atau impian buat Kaphac. Gua yakin masing-masing dari yang datang saat itu memilikinya. Entah apa itu, yang pasti yang baik bagi Kampus Tercinta Photography Club, Kaphac 32. Aminnn...

Kolase Perayaan
Kolase foto perayaan ulang tahun Kaphac 32 di Kampus Tercinta, Sabtu (21 November 2015). (Foto: Fachrul Irwinsyah)

Lilin itupun ditiup!

Tinggalkan Komentar

Dilarang mempromosikan situs judi, situs porno dan tindak pidana lainnya. Komentarlah dengan etika tanpa melanggar UU ITE.

Previous Post Next Post