Di Pramusim, Arema Sudah Kalahkan Para Jawara ISL

Logo Arema
Logo Arema. ©Istimewa
Indonesia Super League (ISL) musim 2015 baru akan dimulai 4 April nanti. Jedah kompetisi selama lima bulan sejak final yang digelar November tahun lalu itu dimanfaatkan para tim peserta dengan menggelar uji coba. Baik uji coba resmi yang diadakan oleh PSSI ataupun yang digelar oleh klub itu sendiri. Lawan tandingnya pun bermacam level kompetisi, mulai dari yang selevel ISL hingga tim liga amatir. Maklum saja, uji coba biasanya digunakan pelatih untuk menemukan komposisi tim dan strategi permainan dengan harapan saat kompetisi digelar tim bisa keluar sebagai juara.


Bicara uji coba, ada yang unik dari uji coba yang dilakukan oleh tim Arema Cronus. Sepanjang uji coba Arema sudah mengalahkan tim-tim jawara ISL.

ISL yang digulirkan sejak musim 2008-2009 telah menhasilkan 4 tim juara. Mereka adalah Persipura Jayapura yang menjadi kampiun musim 2008-2009, 2010-2011, 2012-2013; Arema untuk musim 2009-2010, lalu Sriwijaya FC yang angkat piala pada musim 2011-2012 dan Persib Bandung yang menjadi juara pada musim lalu. Tiga tim (selain Arema) tersebut sudah dikalahkan Arema di ajang uji coba yang berbeda.

Arema bertemu Persipura di babak penyisihan grup B SCM Cup 2015. Dalam kompetisi pramusim yang diselenggarakan oleh salah satu grup media tersebut Singo Edan mengandaskan Mutiara Hitam (julukan Persipura) dengan skor telak 4-1. Hasil tersebut membuat Boas cs gagal melaju ke semifinal.

Masih di ajang yang sama, Arema juga bertemu dengan Sriwijaya FC (SFC). Pertemuan tim kebanggaan Aremania dengan Laskar Wong Kito terjadi di final SCM Cup, Selasa (27/1/2015). Tim asuhan Suharrno-Joko Susilo itu mempermalukan SFC dengan skor 1-0. Hasil itu mengukuhkan mereka sebagai juara perdana SCM Cup 2015.

Pertemuan Arema – SFC di SCM Cup bukanlah yang pertama. Kedua tim sebelumnya juga sudah bertemu di ajang Trofeo Persija di Jakarta. Di ajang itu Arema mengalahkan SFC 4-2 melalui adu penalti. Meski pada akhirnya dua tim tersebut bersama dengan Persija Jakarta dinobatkan sebagai juara bersama.

Berbeda dari pertemuan dengan SFC ataupun Persipura yang murni di ajang pramusim tahun ini, pertemuan Arema dengan Persib Bandung  merupakan laga yang tertunda di musim lalu. Kedua tim biru tersebut bertemu di Final Inter Island Cup (IIC) 2014, Minggu (1/2/2015). Kok 2014? Ya karena laga final tersebut memang seharusnya digelar pada 2014 lalu. Tepatnya 25 Januari 2014 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, tapi karena persoalan izin akhirnya laga pramusim yang digelar oleh PT Liga Indonesia tersebut harus tertunda satu tahun lamanya.

Meski tertunda setahun bukan berarti menghilangkan tensi dan gengsi laga tersebut. Arema mengusung misi balas dendam karena dikalahkan Persib di Semifinal ISL 2014. Sedangkan Persib datang dengan status juara baru ISL. Hal itulah yang membuat tensi pertandingan yang digelar di Palembang tersebut tetap tinggi. Hasilnya, taring Singo Edan terbukti masih lebih tajam daripada cakar Maung Bandung. Skor 2-1 membuat arema mengangkat tropi ketiga mereka di pramusim.

Kemenangan dan tropi yang diraih Arema di pramusim memang belum bisa memastikan tim yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan ini akan sukses di ISL nanti. Apalagi kalau kita berkaca pada musim lalu. Arema yang berhasil menjuarai berbagai ajang pramusim nyatanya tak bisa menjadi kampiun ISL. Tapi itu bukan berarti semua akan berakhir sama. Setidaknya dari laga pramusim ini Arema sudah buktikan bahwa Singo Edan bisa mengalahkan para jawara ISL. Kini tinggal membuktikannya di ajang yang seharusnya, di kompetisi sesungguhnya, dan mengangkat tropi yang semestinya. Semua akan dimulai 4 April 2015 saat kick off  ISL 2015.

Tinggalkan Komentar

Dilarang mempromosikan situs judi, situs porno dan tindak pidana lainnya. Komentarlah dengan etika tanpa melanggar UU ITE.

Previous Post Next Post