Jersey Kedua, Joma Arema ISL 2014

Jersey Arema
Jersey Arema musim 2014 yang dikeluarkan Joma. Untuk jersey khusus fans Logo Arema, Joma,
Anker dan Ijen dicetak dengan full print. (foto: Fachrul Irwinsyah)

Gua pernah cerita tentang jersey Arema pertama yang gua miliki, yaitu jersey Arema di Liga Kansas musim 96/97. Kali ini gua mau cerita tentang jersey Arema kedua gua yang baru aja gua beli. Ini adalah jersey di musim ini, ISL musim 2014. Kalau yang pertama adalah replika alias KW, nah jersey gua yang kedua ini barang ori alias original. Asli buatan Joma, produsen peralatan olahraga asal Spanyol yang musim ini mensponsori aparel Arema.

Jersey ini gua beli dari online store wearemanianet. Tempat yang sama dengan pembelian jersey yang pertama. Maklum gua udah terlanjur percaya dengan mereka. Gua aja tau kalo jersey ini udah diproduksi dan dipasarkan pertama kali dari mereka. Sampai bela-belain buat nabung demi dapat jersey ini.

Meskipun Joma adalah merek asal Spanyol, tapi pembuatan jersey untuk fans alias supporter issue ini dibuat di Indonesia. Sayangnya di label gak dikasih tau di kota mana jersey ini dibuat. Yah setidaknya meskipun merek luar gua masih pakai produk buatan dalam negeri, ya gak geng. Mungkin faktor buatan dalam negeri juga yang membuat harga jersey ini jadi murah.

Satu buah jersey (hanya kaos) dengan full sponsor dan patch ISL dihargai 160.000 Rupiah. Sedangkan yang bernama dan bernomor punggung pemain dihargai 200.000 dan untuk custom name dan nomor satu jersey harganya menjadi 210.000. Harga segitu termasuk murah dibandingkan Jersey home Persija Jakarta musim ini. Persija yang disponsori League membandrol jerseynya seharga 399.000 Rupiah tanpa nama pemain dan nomor punggung. Perbedaan yang hampir 50%.

Label Joma yang terdapat nama negara pembuat Jersey. (foto: Fachrul Irwinsyah)

Soal kualitas, Jakmania (sebutan suporter Persija) boleh berbangga dengan jersey mereka. Karena harus diakui kualitas jersey Arema musim ini yang untuk fans bisa dibilang buruk.  Gua sampai gak percaya bahwa ini adalah jersey ori ketika nerima jersey ini pertama kali. Bila dibandingkan dengan jersey Liga Kansas KW Arema yang dibuat Wearemania store, masih lebih baik yang Liga Kansas. Banyak jahitan di jersey yang memiliki strip kuning di tengah ini yang tidak rapih, keluar jalur dan ada sisa benang yang tidak dipotong. Kondisi ini juga diamini oleh pihak Wearemania Store yang mengatakan jahitan pada jersey Arema yang mereka dapat dari Joma kebanyakan memang kurang rapih.

Jahitan
Jahitan pada jersey yang keluar jalur. (foto: Fachrul Irwinsyah)
Memang jersey ini gak mungkin autentic alias sama persis dengan yang dipakai oleh pamain karena ini adalah jersey yang dibuat khusus untuk fans. Tapi setidaknya kualitas pembuatannya patut diperhatikan. Karena hal ini menyangkut kredibilitas Joma sebagai produsen aparel olahraga dan paling penting ini berimbas ke kepuasan Aremania sebagai konsumen. Apalagi kalau tidak salah Joma menjadi sponsor aparel Arema selama dua musim. Itu artinya masih ada satu jersey lagi yang akan dibuat Joma untuk Arema di musim depan. Semoga di musim berikutnya Joma bisa memperbaiki kualitas produknya.

Tinggalkan Komentar

Dilarang mempromosikan situs judi, situs porno dan tindak pidana lainnya. Komentarlah dengan etika tanpa melanggar UU ITE.

Previous Post Next Post