Semua di 2012

Catatan - www.paulpolos.blogspot.com

Gak kerasa ternyata kita udah masuk ke tahun 2013, bahkan sekarang udah di minggu kedua di tahun dengan angka (yang kata kebanyakan orang) sial ini. Kali ini gua mau coba kilas balik ke setahun kemaren (2012). Meskiun terasa telat karena kebanyakan orang review itu pas akhir desember, tapi tak apalah ini kan blog gue, ini juga kisah gue, dan yang paling penting inilah gue. hahahhah... yuk kita mulai kilas baliknya.

Kita mulai dari bulan Januari 2012
Awal tahun dan awal bulan, juga awal dari libur panjang semester 3 gue. Sepertinya gak banyak hal yang terjadi dibulan ini, karena otak gua susah banget buat nginget kejadian di bulan ini. Itu berarti gak ada kejadian penting di bulan ini. satu-satunya yang gue inget itu, gue dan 12 temen gue lainnya di angkatan 16 K32 lagi pada sibuk nyiapin tema pameran kita.

Rapat untuk pameran caang di Kampus Tercinta.

Bulan Januari, meskipun berstatus liburan tapi isinya cuma rapat, rapat, dan rapat buat pameran Caang 16. Mulai dari mainan sampai kuliner semua dibicarain dalam rapat-rapat itu. Hingga akhirnya tema Kopi dipilih untuk dieksekusi diakhir bulan Januari itu.

Akhir bulan yang ditutup dengan kepastian bahwa angkatan 16 bakal pameran foto dengan tema KOPI.

Februari 2012, waktunya eksekusi
Rapat-rapatnya udahan di bulan Januari, maka bulan ini (Februari) adalah waktunya eksekusi alias motret dan ngejepret. Saatnya buat beli roll, PO, cetak, ngelobi yang mau difoto dan terakhir yang jadi penentu adalah KURASI. Semua foto pada akhirnya akan ada dimeja kurator untuk dikurasi, inilah penentuan layak atau nggaknya foto itu dipamerin. Karena ini pameran Caang maka yang jadi kuratornya adalah anggota dari K32.

Ada yang selalu gua inget di bulan yang ada hari kasih sayangnya ini, yaitu Perubahan Tema Pameran. Yap, setelah menghabiskan waktu, tenaga, dan uang akhirnya tema Kopi diubah menjadi pasar setelah rumbukan antara Caang dan anggota pada tengah malem di tanggal 29 Februari.

Gaspooll di Maret 2012
Setelah rumbukan dini hari tadi, udah dipastikan dan di sepakatin bahwa tema pameran Caang 16 dirubah. Maka, awal maret ini menjadi awal bulan yang melelahkan. Waktu pameran udah disepakatin yaitu minggu kedua dibulan Maret atau sekitar tanggal sebelasan, itu berarti waktu buat hunting foto, kurasi ampe produksi cuma 2 minggu. Sebuah alasan yang mengharuskan kami Gaspooll untuk pameran ini.

Mepetnya waktu persiapan pameran nyatanya bukan jadi satu-satunya masalah yang terjadi di Maret 2012. Karena masih ada satu masalah lagi, yaitu mundurnya satu temen kami dari pameran ini. Itu juga berarti dia mundur dari Caang. Dengan mundurnya satu orang teman kami maka jumlah pameris dan jumlah caang menjadi 12 orang. Sedih bercampur kesal saat mendengar berita tersebut, tapi show must go on. Masih ada 12 orang yang siap bertarung untuk pameran ini.

Capek, capek dan capek itu yang gua rasain selama hunting buat pameran ini. Pagi ampe sore bergelut ama orang-orang di pasar dan malamnya harus ke kampus buat kurasi. Parahnya gua dapat tempat hunting Pasar Ikan Muara Angke, Jakarta Utara yang berarti tiap pulang hunting atau pas kurasi gua haru berbau amis, dan ini jadi ejekan rutin selama persiapan pameran. Kampreeettt!!!

capek-capekan huntingnya udah kelar, (meskipun beberapa masih ada yang tetap hunting) kini tinggal persiapan produksinya. Berduabelas dan dibantu oleh anggota kami mulai nyetak poster, foto, undangan, ngebersihin frame, sampe nyuci kaen hitam buat background dinding pameran. Saat ini gua kebagian buat nyebarin undangan ama stella. Sebuah tugas yang bikin gua ngerasain ngine di sekret dan kampus orang.

Judul pamerannya adalah Susur Pasar yang berarti menyusuri pasar. Susur Pasar menjadi representatif dari foto-foto yang bakal dipamerin. Pamerannya sendiri berlangsung mulai dari tanggal 13-17 Maret 2012 di ruang IV-5 Kampus Tercinta.

Senang dan lega rasanya saat pameran itu dibuka dan foto gua dilihat oleh teman-teman di kampus gua. Serasa capek setelah berbulan-bulan, berminggu-minggu, berhari-hari, dan begadang semaleman terasa terbayar saat itu.

Pameran Susur Pasar adalah peristiwa yang paling gua ingat di Maret 2012, karena pameran itu adalah pameran pertama gua dan pameran itu udah banyak menyita banyak waktu, tenaga, uang dan absen kuliah gua.

April 2012, foto wisuda dan Bola Goes to Campus
April menjadi bulan favorit gua, karena dibulan ini gua lahir ke dunia. hahahha... gak banyak yang menarik di bulan ini selain acara Bola Goes to Campus (BGTC) dan tentunya Ultah gua. meskipun sebenarnya gak ada perayaan di ultah gua.

Gua sebagai caang yang baik maka harus membantu para anggota K32 untuk membuat acara BGTC berjalan dengan lancar. BGTC adalah acara yang terjalin dengan kerjasama anatara pihak Bola (Kompas Gramedia grup) dengan K32. Isi acaranya seputar penulisan berita olahraga dan foto olahraga pastinya.

Mei 2012, jadi anggota K32
Fiuhh... akhirnya setelah 14 bulan mengenyam pendidikan dasar fotografi di K32, setelah menghabiskan berpuluh-puluh roll, dan berlembar-lembar ribuan, pada Mei 2012 gua fix jadi anggota K32.

Bertempat di cilember mengambil waktu 3 hari 2 malem, gua di kukuhin jadi anggota K32. untuk acara ini gua harus ngorbanin bolos 3 mata kuliah. hahahha...

Cuma itu doang yang gua inget di Bulan Mei, maklum peristiwa pelantikan adalah peristiwa yang bakal terus gua inget. hahahahha...

Juni 2012, nilai D untuk MPK dan menyebrang ke Pulau Tidung
Ujian dan liburan, itulah tema yang tepat untuk ngegambarin yang terjadi di bulan Juni. Dosen MPK gua udah memvonis gua cuma bisa dapet nilai D untuk matakuliahnya. sedih pasti, tapi yaudahlah itu MPK, bro. Penelitian. emang lulus gua mau jadi peneliti apa. lagi pula nilai D tuh masih dianggap lulus dan itu bukan nilai yang paling rendah karena masih ada nilai E yang berarti gak lulus.

Ujian usai saatnya buat liburan. Pulau Tidung jadi pilihan Destinasi gua ama anak-anak untuk ngelepas penat ujian. 3 hari 2 malem,waktu yang kami habisi di pulau itu. singkat memang, tapi cukup untuk menjadi kisah yang bakal kami ingat.

16++ Trip to Tidung - www.paulpolos.blogspot.com
Sepenggal frame dari perjalanan ke Tidung.

Mahameru untuk Juli 2012
Perjalanan ke Semeru dan bisa menginjakan kaki di 3676 mdpl, Mahameru adalah salah satu mimpi gua dan itu terwujud di Juli 2012.

Berangkat bersama Ican, Cinta, dan Binsar gua ngeliat indahnya Ranu Kumbolo, melintasi oro-oro ombo, menyusuri cemoro kandang, bermain diantara bunga-bunga edelwise, dan pastinya merasakan pasir lembut Mahameru. Sebuah perjalanan yang akan selalu gua inget.

Gua dan Indah di Mahameru.

Perjalanan itu gak cuma milik gua berempat doang. Karena disana gua ketemu dengan rombongan Coki yang berisi Coki, Imam dan Indah dan rombongan Dimas and friend. Gua ketemu rombongan Coki di Ranu Kumbolo sedangkan dengan rombongan Dimas ketemu di Kalimati, siang jelang sore pas gua dan yang lain selesai muncak.

Oh iya, diperjalanan itu juga gua dapet temen baru, anak-anak mapala Arcapodo dan Ambon mahasiswa UB yang dah ngijinin gua and friend menginap di kontrakannya untuk semalem.

Agustus 2012, Puasa, KHS, dan Maba
Sehari setelah turun dari Semeru pemerintah menyatakan di mulainya ibadah Puasa. Alhamdulillah masih ngerasain yang namanya bulan Ramadan.

Di awal Agustus gua pembagian KHS, dan gara-gara MPK gua yang D jumlah SKS yang bisa gua ambil tetap 18 SKS. Kaga ada kenaikan dari semester kemarin nih berarti. Di akhir Agustus gua menjadi panitia KMP (baca: Ospek) dan bertemu dengan para Maba.

Cuma itu momen yang gua inget di bulan Agustus.

Kuliah dan Workshop isi September 2012
Perkuliahan udah dimulai tanggal 10 September, dan gua pun menjalaninya dengan cukup baik.

September gak cuma diisi dengan kuliah tapi juga ada Workshop Digital Imaging dari K32. Workshop ini dilaksanain untuk persiapan motret wisuda Kampus Tercinta.

September 2012 mungkin bisa disebut dengan bulan pendidikan karena berisi kegiatan-kegiatan pentransferan ilmu.

Oktober 2012, ngedit foto wisuda
Gua dan Rara menjadi editor untuk foto wisuda semester itu. hihihi... ini kali pertamanya gua ngedit foto untuk hal serius alias di bayar. dak dik duk juga takut kalo ternyata hasil editannya gak sesuai dengan yang diharapin ama kostumer. Meskipun bukan gua yang ketemu langsung ama kotumer tapi tetep aja editor yang bakal di mencak-mencak kalo fotonya jelek.

Banyak kendala dalam proses pengeditannya, tapi juga jadi banyak tau karena ngedit foto itu.

November 2012, Berkunjung ke "rumah lama"
Rumah lama di sini bukan rumah dalam arti rumah ya, tapi organisasi yang gua ikutin dan gua tinggalin selama ikut pendidikan K32. Gua maen lagi ke Himajur untuk bayar ketidakpedulian gua selama setahun pendidikan K32.

Bertepatan dengan akan dilaksanakannya LDO, gua pun memberanikan diri untuk ikut terlibat alias menjadi panitia. Gua akhirnya ditugasin sebagai mentor kelompok 8 di LDO tersebut. di LDO ini juga gua banyak kenal ama anak-anak 2011 dan 2012. nambah teman nambah link bro...

Begitulah bulan November yang katanya ceria.

Desember 2012, Mendung, Motret dan Sendiri
Itu 3 kata yang ngegambarin kejadian di akhir bulan dan akhir tahun 2012. Desember itu bulan hujan. hampir di tiap hari langit dipenuhi awan hitam. Meskipun cuacanya jelek, tapi gua mesti tetap motret buat pameran.

Iya kali ini gua pameran anggota bersama anggota K32. ini adalah pameran besar dan biasanya dilaksanain di luar kampus. tema pamerannya buaday di Jawa Barat, dan gua kedapetan motret pembuatan angklung di Bandung.

Seneng si jalan-jalan lagi, tapi gua lagi gak beruntung waktu ke Bandung kemarin. Karena waktu sampe Badung badan gua terserang flu. Hidung gua jadi meler dan gak konsen buat motret juga nikmatin keindahan Kota Bandung.

Mendung ama motretnya udah, sekarang tinggal kata "Sendiri". untuk yang itu biar kalian yang terjemahkan sendiri ya. Namanya juga "Sendiri"...

Tinggalkan Komentar

Dilarang mempromosikan situs judi, situs porno dan tindak pidana lainnya. Komentarlah dengan etika tanpa melanggar UU ITE.

Previous Post Next Post