Persija dan Persib Paling Banyak Ditonton di Stadion

Liga 1 Indonesia - www.paulpolos.blogspot.com

Bermain di luar Jakarta, tidak membuat Persija Jakarta kekurangan dukungan dari suporter mereka, The Jakmania. Hal itu terbukti dari data yang dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB). Dalam rilis yang memuat daftar penonton terbanyak hingga pertandingan Semen Padang FC melawan Arema FC pada 21 Juli 2017 itu, Persija menjadi pemimpin dengan 181.818 penonton. Jumlah tersebut merupakan total dari delapan laga kandang yang dimainakan oleh Macan Kemayoran (julukan Persija).

Pertandingan besar menghadapi Arema FC menjadi yang terbanyak disaksikan The Jakmania dengan jumlah 28.967 penonton. Sedangkan yang paling sedikit adalah saat Ismed Sofyan dan kawan-kawan menjalani laga usiran menghadapi Sriwijaya FC. Anak asuh Stefano Cugurra Teco harus menggeser kandang mereka dari Stadion Patriot Bekasi ke Stadion Wibawa Mukti Cikarang. Laga yang sejatinya tertutup itu hanya disaksikan oleh 1.200 orang.

Sementara rival mereka, Persib Bandung, harus rela berada di urutan 2. Maung Bandung (julukan Persib) hanya mencatat 148.590 penonton dari delapan laga kandang yang mereka mainkan. Meski begitu, Bobotoh bisa berbangga karena satu laga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menjadi yang terbanyak disaksikan di tribun. Laga tersebut merupakan laga pembuka Liga 1 yang mempertemukan Persib Bandung dengan Arema FC. Total ada 34.150 penonton yang memadati GBLA saat itu. Jumlah tersebut sebenarnya masih kalah dengan pertandingan melawan Persija pada Sabtu, 22 Juli 2017. Goal.com Indonesia mecatat ada 36.545 penonton dalam laga berlabel Super Big Match itu.

Selain Persib dan Persija, PT LIB juga menyajikan jumlah penonton empat klub lainnya. Di urutan ketiga ada PSM Makassar dengan total penonton 92.555. Di bawah PSM, ada Persela yang mencatatkan jumlah penonton sebanyak 90.268. Sedangkan Arema FC dan Persipura Jayapura harus puas di posisi 5 dan 6.

Total delapan laga kandang Singo Edan (julukan Arema FC) hanya disaksikan oleh 81.714 penonton. Pertandingan terbanyaknya adalah saat menghadapi Persipura Jayapura dengan 13.849 penonton.

Sedangkan Persipura berhasil mengumpulkan 65.665 penonton untuk seluruh laga yang mereka mainkan di Stadion Mandala, Jayapura. Menariknya, dalam catatan itu Persipura baru menjalankan enam laga kandang mereka.

Statistik jumlah penonton terbanyak Liga 1 Indonesia. © www.liga-indonesia.id

Tinggalkan Komentar

Dilarang mempromosikan situs judi, situs porno dan tindak pidana lainnya. Komentarlah dengan etika tanpa melanggar UU ITE.

Previous Post Next Post